News & Event detail

Akhirnya, Ada Juga Buku yang Ngebahas Tentang VINYL

news thumbnail

#GILAVINYL adalah terlanda perasaan sangat suka akan vinyl/piringan hitam; media penyimpanan suara analog yang terdiri dari piringan pipih dengan alur spiral tertulis dan termodulasi.

Jakarta, 12 April 2017. Sebuah buku yang membahas tentang vinyl atau piringan hitam akhirnya terbit dan telah diluncurkan di Toko Buku Aksara Kemang, Jakarta. Tampil di acara peluncurannya ini adalah Wahyu Acum sebagai penulis, ditemani Arian Tigabelas sebagai editor juga salah satu narasumber di buku ini yang akan bercerita tentang pengalaman mereka seputar hobi mengumpulkan rekaman format vinyl atau piringan hitam.

Selain diskusi, acara peluncurannya ini juga dihiasi dengan aksi DJ yang memutarkan lagu-lagu yang bersumber hanya dari rekaman format vinyl atau piringan hitam.

Berjudul #GILAVINYL, buku ini mengupas tuntas seputar dunia vinyl (piringan hitam); media rekaman musik (orisinal) yang konon dianggap mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih “bagus” ketimbang kaset, CD, atau MP3; nyaris mendekati suara asli, seolah-olah sang musisi/artis sedang bermain di hadapan kita secara langsung.

Dikemas sebanyak 268 halaman, #GILAVINYL merangkum sekelumit pengalaman penulis tentang seluk-beluk dunia vinyl, termasuk di dalamnya para peng-#GILAVINYL, mulai dari orang biasa hingga musisi ternama.

Buku #GILAVINYL ditulis oleh Wahyu Acum, seorang music enthusiast; musisi di sebuah group band bernama Bangkutaman yang juga merangkap redaktur musik di situs Malesbanget.com. Sejak 2006, ia sudah bergelut dalam pengalaman berburu vinyl. Berbagai tempat dikunjunginya, dari toko vinyl fancy, kios vinyl di pasar loak, sampai garasi rumah yang sempit di pinggir pertokoan, demi mencari satu demi satu vinyl.

“Buku #GILAVINYL ini menginspirasi banget. Bisa jadi ini adalah buku pertama di Indonesia yang benar-benar membahas soal vinyl. Vinyl di Indonesia adalah sejarah permusikan dengan beragam musiknya yang ada sekarang. Asik banget kalo kita bisa menjadi bagian dari sejarah itu. Let’s make the culture alive again, let’s be it!” ujar penyanyi Andien Aisyah, salah satu dari narasumber dari buku ini.

Dalam buku #GILAVINYL, Andien dan narasumber-narasumber lainnya menuturkan pengalamannya seputar perjumpaan dengan media rekaman format vinyl.

Selain pengalaman dan wawancara, buku #GILAVINYL juga memuat beberapa istilah yang kerap digunakan dalam dunia vinyl atau piringan hitam, ditambah direktori tempat-tempat yang menjual vinyl dari Jakarta, sampai kota-kota di pulau Jawa.

Diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer, bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu dan (mudah-mudahan) terbuai dengan hobi mengumpulkan rekaman vinyl atau piringan hitam, buku ini bisa jadi referensi yang baik.

Dapatkan buku #GILAVINYL di Gramedia di kota Anda.

Sumber: press release launching #GILAVINYL

close

Main menu