Short Story

We believe that the short story matters.

Welcome to short story section. the short story is one of the most exciting and important literary forms, and that it can, and should, reach the widest possible readership.

short story

Aku Anak Indonesia

Aku anak Indonesia. Aku cinta Indonesia. Kamu mau tahu tentang Indonesia? Yuk, lihat catatan kecil tentang Indonesia! Ini bendera Indonesia, bendera Merah Putih. Merah artinya berani, putih artinya suci. Ini lambang negara Indonesia, namanya Garuda Pancasila. Di kaki burung garuda ada semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Apa, sih, artinya? Artinya walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu kesatuan. Walaupun ada beraneka ragam budaya,...

by Theresia Praditya detail
short story

Claires

Woy! Bangun!” Claire tersentak, tetapi tak mampu untuk beranjak dari tempat tidur. Matanya masih tertutup rapat, mengutuk siapa pun yang berteriak saat dirinya seharusnya masih tidur. Untuk sementara, suara itu tak terdengar lagi. Mungkin mimpi, pikir Claire. Dan kedamaian hidupnya tak bertahan lama karena kali ini ada tenaga gorila yang mengguncang tubuhnya dan berteriak dengan oktaf yang dinaikkan dua kali...

by Valerie Patkar detail
short story

Nonversation

Theala Sahabat. Gue yakin setiap orang pasti punya definisi tersendiri menyangkut kata di atas. Orang yang selalu bersama kita dalam susah maupun senang, orang yang tahu baik buruknya kita, orang yang bisa menjadi rumah untuk berteduh, orang yang selalu ada ketika kita butuh, dan masih banyak lagi. Nggak ada yang istimewa tentang sahabat. Semuanya klise. Sama klisenya dengan cerita-cerita novel,...

by Valerie Patkar detail
short story

Raihan & Raisya

Raihan Perumahan Elite Casablanca, pukul 10.00.... Suara alarm yang nyaring terdengar dari ponselku. Aku mendengus kesal. Bayangkan saja, hari ini adalah hari Minggu. Niatku untuk bangun siang batal begitu alarm berbunyi nyaring. Samar-samar, aku membuka kedua mataku. Aku pun meraih ponsel dan menonaktifkan ponselku meskipun sekarang sudah pukul 10.00. Setelah melakukan shalat Dhuha tadi, aku memilih tidur kembali karena mengantuk...

by LIA REZA VAHLEFI detail
short story

Game Over

2019 GLENDY Tadinya gue berharap pembukaan cerita ini bisa lebih mengangkat harkat dan martabat gue sebagai laki-laki. Misalnya seperti pembukaan film Avengers dengan kemunculan wajah Captain America yang bikin seluruh penonton terutama kaum hawa pada bilang, “Woah, ganteng gila.” Atau malah kayak novel-novel roman yang dibuka dengan adegan cowok keluar dari Maserati Levante. Tapi, ya beginilah pembukaan cerita gue. “Ngalah dong...

by Valerie Patkar detail
short story

The Last Spell Breather

Rayne berjongkok di samping sebuah batang pohon. Sementara Frank menggantung di pundak gadis itu bagaikan kerah bulu. Binatang itu mengangkat kepala dan mengamati hutan. Tom melihat sekitar ke bagian sisi lainnya. “Pasti sudah berlalu sekitar satu jam sejak kita dengar pengawas menghampiri. Aku rasa dia sudah kehilangan kita.” Meskipun bulu Frank memberikan kehangatan, Rayne gemetar. “Aku harap begitu. Aku harap...

by Julie Pike detail
short story

Dongeng Anak Hebat: Kumpulan Kisah Penuh Moral

Manusia Kue Jahe Dahulu kala, ada seorang nenek yang sedang menunggu kedatangan cucu-cucunya. “Aku akan membuatkan mereka kue jahe, mereka suka itu!” katanya. Untuk menyenangkan mereka, dia membentuk kue jahenya seperti manusia. Nenek menaruhnya di oven. Tak lama kemudian, dia berseru, “Hmm, aromanya enak sekali! Kue jahe sudah matang!” Tapi ketika dia membuka pintu oven, Manusia Kue Jahe melompat dari...

by Fleurus detail
short story

365 Hari Keliling Nusantara

Asal Mula Selat Nasi - Kepulauan Riau Selat Nasi adalah selat yang membelah Pulau Subi Kecil dan Pulau Subi Besar. Selat itu ada karena penguasa Pulau Subi, Datuk Kaya, menaburkan nasi basi untuk memisahkan dirinya dengan Cik Wan, istrinya. Saat itu, Datuk Kaya dan Cik Wan bertengkar. Datuk Kaya marah pada menantunya, Pangeran Demang Adi Jaya, yang terlambat datang di...

by Dian Kristiani detail
short story

Dongeng Populer untuk Anak

Si Tudung Merah Alkisah, ada seorang gadis kecil yang selalu memakai mantel dengan tudung berwarna merah. Dia dijuluki si Tudung Merah. “Aku suka sekali melihat mantel ini berayun-ayun dan melambai-lambai.” Dia tinggal di dekat hutan yang lebat dan gelap. Di sana, ibunya beternak lebah ... dan ayahnya menebang pohon. Suatu hari, Ibu Tudung Merah memberikan sepoci madu. “Tolong bawakan ini...

by LORENA ALVAREZ detail
short story

Happy Ending Machine

Shailendra Gue pikir, orang yang namanya Candrarupa ini adalah cowok yang dipanggil Candra. Bukannya seorang cewek aneh yang minta dipanggil Andra. “Udah biasa,” kata Andra saat gue bilang gue mengira dia laki-laki. “Nama gue emang nama cowok, tapi gue cewek, kok. Lo mau lihat buktinya?” “Eh, gimana?” “Bercanda.” Cewek itu terkekeh, melepas topi dan menaruhnya di atas meja. Andra mengibaskan...

by Adelina Ayu detail
short story

A Place Called Perfect

Si Anak Lelaki Ia menunggu. Bersembunyi dalam keremangan senja dan semak-semak kebun pada kulit pohon ek. Mengamati. Tempat itu memberikan pandangan menyeluruh ke arah rumah dan jalan mobil yang berkerikil. Rasanya aneh jika mencemaskan ada yang melihatnya. Kota Perfect sudah dihebohkan dengan berita kedatangan Dokter Eugene Brown selama berminggu-minggu. Sang dokter akan membantu. Boy mengetahuinya, melebihi apa yang ia ketahui...

by HELENA DUGGAN detail
short story

Happiness in Blue

Earpiece Bel tanda akhir pelajaran baru saja berbunyi. Para murid dan guru Amachi Gakuen seketika berhamburan dari ruang kelas masing-masing. Keheningan yang meliputi segala penjuru sekolah sebelum bel berdering pun sirna, tergantikan oleh suara teriakan dan gurauan para murid yang kini ramai menyapu setiap koridor. Di kelas 3-2, seorang gadis bernama Kuroda Yuki sedang membereskan barang-barang di dalam laci mejanya....

by JANICE CHRYSILLA detail
close

Main menu