Welcome to Short story

short story detail

Legenda Ikan Patin

by Dian Kristiani

Putri Mambang Linau


Putri Mambang Linau adalah istri Bujang Enok. Sebenarnya, dia adalah bidadari kayangan. Demi cintanya pada Bujang Enok, dia rela tinggal di Bumi.
“Namun, aku punya syarat. Kamu jangan pernah memintaku menari. Jika aku menari, tubuhku akan kembali ke kayangan,” pintanya sebelum menikah. Bujang Enok pun setuju.

Setelah bertahun-tahun menikah, Bujang Enok menjadi orang yang sukses. Dia menjadi orang kepercayaan raja. Bujang Enok dan Putri Mambang Linau pun hidup bahagia. Namun, suatu hari terjadi tragedi. Raja mengadakan pesta. Semua tamu harus menari. Lalu, Raja pun meminta Bujang Enok dan Putri Mambang Linau menari. “Sekali ini saja, Istriku,” kata Bujang Enok merayu istrinya. “Tapi, ini terlalu berbahaya. Bagaimana jika kayangan menarikku kembali?” sahut Putri Mambang Linau. Bujang Enok terus memaksa. Putri Mambang Linau pun tak kuasa menolak. Mereka lalu menari bersama.

Saat menari, ketakutan Putri Mambang Linau terjadi. Tubuhnya pelan-pelan terangkat. Meski sudah berusaha menjejakkan kaki ke tanah, dia tak bisa menahan tubuhnya. Tubuhnya terus melayang dan hilang di balik awan. Putri Mambang Linau telah kembali ke kayangan.
Bujang Enok sangat menyesal. Namun, dia tak bisa berbuat apa-apa. Dia melakukan itu semua demi kepatuhannya pada sang Raja.

(Halaman 38)

close

Main menu