Welcome to Short story

Short story

short story detail

Aku Cinta Indonesia

by Theresia Praditya

Aku anak Indonesia. Aku cinta Indonesia. Kamu mau tahu tentang Indonesia? Yuk, lihat catatan kecil tentang Indonesia!

Ini bendera Indonesia, bendera Merah Putih. Merah artinya berani, putih artinya suci. Ini lambang negara Indonesia, namanya Garuda Pancasila. Di kaki burung garuda ada semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”. Apa, sih, artinya? Artinya walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu kesatuan. Walaupun ada beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama, dan kepercayaan, semua tetap menjadi satu kesatuan di negara tercinta ini.

Jumlah agama resmi yang diakui pemerintah Indonesia saat ini ada 6, yaitu Islam, Hindu, Buddha, Katolik, Kristen Protestan, dan Konghucu. Keenam pemeluk agama di Indonesia ini hidup bersama dengan penuh toleransi.

Wilayah Indonesia luas sekali. Bahkan saat ini, terdapat 36 provinsi. Banyak sekali, kan? Nah, ini adalah baju adat dari 5 provinsi di Indonesia! Setiap suku di Indonesia mempunyai seni dan kebudayaan yang sangat beragam, lho, seperti batik, tari saman, angklung, tradisi lompat batu, dan wayang. Indonesia punya banyak tempat wisata yang menarik, seperti Candi Borobudur yang megah, Raja Ampat yang memesona, Taman Laut Bunaken yang kaya biota laut, Tana Toraja yang kaya budaya leluhur, dan Gunung Bromo yang indah.

Indonesia juga memiliki beragam flora dan fauna. Beberapa fauna terkenal dari Indonesia adalah komodo, orang utan, badak cula satu, dan bekantan. Sedangkan flora yang terkenal, yaitu bunga Raflesia arnoldi, bunga bangkai, dan beragam spesies bunga anggrek.

Aku cinta Indonesia. Inilah negeriku, tumpah darahku!

close

Main menu