About Us

Bhuana Ilmu Populer (BIP) yang berdiri pada tanggal 22 September 1992 bergerak di bidang penerbitan. BIP tumbuh menjadi salah satu penerbitan besar di Indonesia yang berada di bawah Kompas Gramedia. Selain menjadi penerbit yang menerbitkan buku untuk dipublikasikan secara luas, BIP juga menjadi co-publishing bagi penulis/institusi yang membutuhkan jasa menulis atau mencetak buku. Presiden Indonesia saat ini, Bapak Joko Widodo, dan mantan presiden Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, merupakan salah satu pengguna jasa co- publishing BIP.

BIP lebih berfokus pada penerbitan buku anak, seperti edukomik, dongeng, picture book, dan buku aktivitas bagi balita dan anak-anak. Namun, BIP juga tidak mengesampingkan buku-buku nonfiksi yang bertema kesehatan, bisnis, kepemimpinan, motivasi, self-help, dan buku penunjang sekolah. Setiap tahun, BIP menerbitkan lebih dari 300 judul buku yang 60%-nya merupakan buku anak. BIP mempunyai imprint yang menerbitkan buku dengan kategori khusus, yaitu Bhuana Sastra untuk novel, Genta untuk buku kristen, dan Qibla untuk buku islam.

Sejak tahun 2004, BIP melebarkan sayap dengan menerbitkan produk geospasial, contohnya atlas dan peta panduan perjalanan. BIP memiliki tim cartographer yang bekerja sama dengan pemerintah atau lembaga swasta untuk memetakan kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali. Selain itu, BIP juga menyediakan peta perjalanan wisata. Setelah lebih dari 10 tahun menjalankan lini peta ini, sekarang, BIP terkenal sebagai penyedia data geospasial akurat kota besar di Indonesia. Banyaknya permintaan di bidang digital, BIP pun ikut mengembangkan peta digital.

Dengan slogan “Passion for Knowledge”, BIP mendedikasikan diri untuk menerbitkan buku-buku yang membantu orang-orang untuk belajar sendiri. Karena pembaca utamanya adalah anak-anak, BIP dengan serius dan hati-hati dalam menciptakan buku anak berkualitas tinggi. BIP sangat menyadari ada sebuah pertanggungjawaban dalam mendidik generasi muda untuk mempersiapkan mereka membangun masyarakat intelektual yang lebih baik di masa depan.

Perhatian BIP dalam mendidik generasi muda dengan buku-buku anak berkualitas tinggi melahirkan sebuah program amal yang disebut Books for Friend (BFF). Melalui program ini, BIP mendonasikan Rp100 dari setiap buku terjual untuk menyediakan buku-buku ke tempat baca atau perpustakaan umum kecil di daerah terpencil di Indonesia. BFF membuat BIP dapat menjangkau anak-anak yang tidak mampu membeli buku untuk dibaca. Ini merupakan usaha BIP dalam berbagi pengetahuan terhadap anak yang kurang mampu. BIP percaya setiap anak berhak untuk mendapatkan pengetahuan baik yang kaya maupun yang miskin.

Sebagai sebuah perusahaan yang berada di bawah naungan Kompas Gramedia, BIP mempunyai keistimewaan untuk men-display buku-buku terbitannya di 107 gerai toko buku Gramedia di seluruh Indonesia. Selain di toko buku Gramedia, buku-buku BIP juga tersedia di gerai modern lainnya. Untuk menjangkau semua kalangan, BIP menjual buku digital di Scoop dan Gramediana, yang merupakan toko buku digital terkemuka di Indonesia. Agar tidak ketinggalan tantangan di dunia digital saat ini, BIP selalu berada di garis depan dalam berinovasi dengan menggunakan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman membaca yang unik.

BIP akan terus memperluas pasar dengan membangun kerja sama internasional, salah satunya dengan selalu mengunjungi pameran buku internasional, seperti Frankfurt Book Fair, Bologna Children Books Fair, Seoul Book Fair, London Book Fair, Beijing Book Fair, dan Bucheon International Comic Festival. Beberapa copyright buku anak BIP telah terjual ke Vietnam, Malaysia, dan India. Buku-buku tersebut adalah buku lokal yang ditulis oleh penulis buku anak Indonesia. Kerja sama ini memperkuat identitas BIP sebagai penerbit buku anak terkemuka di Indonesia.